Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan berita, informasi dan hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan luas.

Dilansir dari History, Guglielmo Marconi, seorang penemu asal Italia, sejak tahun 1890-an memperkenalkan radio ke publik.

Namun, radio baru mulai mengudara di tahun 1922, dengan menyajikan layanan berita harian pertama milik British Broadcasting Company (BBC) di London, Inggris.

Marconi dikenal seorang penemu dan insinyur dari Italia. Ia mengembangkan, mendemonstrasikan dan memasarkan telegraf nirkabel jarak jauh.

Dia juga berhasil menyiarkan sinyal radio transatlantik pertama dan radio inilah yang menyelamatkan ratusan nyawa, termasuk penumpang yang selamat dari Titanic yang tenggelam.

Awal Kehidupan Marconi

Pada usia 20 tahun, ia melakukan eksperimen berikutnya dari eksperimen yang dilakukan oleh Heinrich Hertz. Percobaan telah menunjukkan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat dan dapat bergerak dan membawa pesan tertentu ke udara. 

Marconi dikenal seorang fisikawan Italia yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada 1909 atas penemuannya. Marconi memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi komunikasi nirkabel gelombang pendek. Penemuannya merupakan salah satu penemuan terpenting dalam sejarah manusia.

Marconi memiliki rasa yang ingin tahu yang lebih pada bidang sains dan listrik. Pada 1894, dia melanjutkan kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna. 

Di dalam perguruan tinggi tersebut, Marconi mulai melakukan eksperimen dengan gelombang sinyal radio. Hal ini diawali dari rasa penasarannya mengenai gelombang tak kasat mata yang dihasilkan oleh interaksi elektromagnetik karya fisikawan Jerman, Heinrich Rudolf dan Oliver Lodge.

Marconi mulai mengembangkan telegraf tanpa kabel. Dia berhasil membuat alat penghasil gelombang kreasi yang dapat mengirimkan sinyal ke lokasi berjarak satu mil atau 1,6 kilometer. Menyadari penemuannya akan bermanfaat, Marconi mulai berkeliling negeri untuk mencari orang untuk diajak berinvestasi pada penemuannya.

Namun usahanya sia-sia. Beberapa orang, bahkan pemerintah Italia tidak ada yang tertarik. Akhirnya pada 1896 Marconi memutuskan untuk pergi ke London dan mematenkan karyanya pada 2 Juni 1896.

Di London, ia mendapat respons dari beberapa pihak yang berminat, salah satunya Kantor Pos Inggris.

Kehidupan di Inggris

Dalam satu tahun, penelitian Marconi mengalami perkembangan pesat. Sampai akhirnya alatnya mampu memancarkan sinyal hingga 12 mil atau 19 kilometer. Mengetahui hal tersebut, Marconi langsung mendaftarkan hak patennya. Pada 1899, Marconi membuka perusahaan telegraf yang diberi nama Marconi Telegraph Company di London.

Marconi terus mengembangkan alatnya hingga jarak sinyal semakin luas. Pada 1899, alat pemancar Marconi berhasil melintasi Selat Inggris, saat marconi mulai meningkatkan kapasitas alatnya untuk siaran lintas Atlantik, banyak fisikawan yang meragukannya.

Namun Marconi berhasil membuktikan, bahwa mengirim dan menerima sinyal melalui pemancar tanpa kabel melintasi Samudra Atlantik dari Cornwall di Inggris hingga markas militer di Newfoundland bisa dilakukan.

Pada 1902 Marconi membangun layanan telegraf nirkabel lintas Atlantik dari Glace Bay di Nova Scotia, Kanada hingga ke Clifden, Irlandia. Kapal Titanic menggunakan radio temuan Marconi dan berhasil menghubungi kapal lain untuk menampung 700 penumpang Titanic yang selamat.

Hadiah Nobel dan Kapal Titanic

Pada 1909, Marconi menerima Hadiah Nobel atas penelitian dan pekerjaannya di bidang komunikasi nirkabel. Dirinya mendapat penghargaan tersebut bersama fisikawan Jerman, Karl Braun yang menemukan tabung sinar katoda.

Selain mendapatkan penghargaan, alat pemancar sinyal atau radio Marconi juga berperan dalam menyelamtkan penumpang kapal Titanic. Pada 1912, kapal Titanic menabrak gunung es, kru kapal dapat mengontak kapal lain dengan bantuan radio pemancar buatan Marconi.

Berkat radio pemancar tersebut, kapal lain berhasil menyelamatkan sebanyak 700 orang penumpang Titanic yang selamat. Pada 1914 Marconi meraih pangkat komandan angkatan laut. Hal ini karena dirinya pernah mengabdi pada militer Italia saat Perang Dunia I.

Di kapal pesiar milik Marconi yang diberi nama Elettra, dirinya melakukan eksperimen dengan membuktikan sistem pemancar untuk komunikasi jarak jauh. Sistem tersebut kemudian diadopsi pemerintah Inggris untuk melakukan komunikasi internasional.

Dalam biografi Guglielmo Marconi, ia menemukan radio pada tahun 1900, yang diketahui berhasil mengirim pesan dari Inggris melintasi Samudera Atlantik ke Newfoundland, Kanada.

Akhir Hayat Marconi

Semasa hidupnya, Marconi menikah dua kali. Pertama dengan Beatrice O’Brien yang merupakan putri bangsawan Edward Donough O’Brien pada 1905.

Dikaruniai tiga anak, yakni Giulio, Degna, dan Gioia. Kemudian bercerai pada 1927. Di tahun yang sama, Marconi kembali menikah dengan Countess Bezzi-Scali dari Roma. Dari pernikahan kedua tersebut dirinya dikaruniai satu orang anak perempuan, Elettra.

Pada tanggal 20 Juli 1937 Marconi meninggal akibat serangan jantung di Roma. Kematiannya menghadirkan duka mendalam bagi keluarga dan juga tiga negara, Amerika Serikat, Inggris, dan Italia. Sebagai penghormatan terakhir, beberapa pemancar radio melakukan siaran hening selama beberapa menit.

Penemuan radio oleh Guglielmo Marconi, telah membawa manfaat besar bagi umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.