Kolagen merupakan protein yang dapat membantu menjaga kulit tampak halus. Seiring bertambahnya usia dan faktor lain, kadar kolagen dalam kulit bisa berkurang hingga kulit kehilangan elastisitasnya. Bila kulit kehilangan elastisitas, hal ini bisa memicu munculnya garis halus di wajah.

Secara alami, tubuh memproduksi kolagen dengan sendirinya. Namun, saat bertambah usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun. Meski begitu, terdapat beebrapa cara untuk meningkatkan kadar kolagen di kulit. Sebelum lebih lanjut, kamu perlu mengetahui apa itu kolagen beserta manfaatnya.

Oleh karena itu, Fimela sudah merangkum beberapa informasi tentang kolagen yang wajib kamu ketahui. Berikut pengertian kolagen, manfaat kolagen, serta cara meningkatkan produksi kolagen pada kulit dikutip dari Medical News Today. Yuk, simak artikel berikut sampai habis!

Pengertian dan manfaat kolagen

Kolagen adalah jenis protein yang paling melimpah di dalam tubuh yang juga menjadi komponen kunci dari kulit. Kolagen terdapat di banyak jaringan, contohnya otot, tulang, pembuluh darah, dan sistem pencernaan. Kolagen memainkan peran kunci dalam banyak fungsi tubuh, termasuk penyembuhan luka.

Ketika kadar kolagen tinggi, kulit kamu akan menjadi lembut, halus, dan kencang. Kolagen membantu sel-sel kulit memperbaharui dan memperbaiki lapisan kulit. Seiring bertambahnya usia, tubuhmu menghasilkan lebih sedikit jenis kolagen dan kualitas kolagen pun berkurang.

Bila kadar kolagen menipis, kulit kehilangan elastisitas hingga memunculkan kerutan di wajah. Semakin bertambah umur, terjadi perubahan struktur kolagen yang melemahkan ikatan antara berbagai lapisan kulit. Inilah alasan mengapa banyak perusahaan kosmetik mengembangkan formula untuk menjaga elastisitas kulit.

Cara meningkatkan produksi kolagen

Banyak orang mencari cara untuk meningkatkan kolagen di kulit untuk menghentikan kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya. Berikut adalah beberapa opsi dari para peneliti yang dapat kamu coba!

1. Konsumsi suplemen kolagen

Banyak orang mengonsumsi suplemen kolagen untuk menjaga kesehatan sendi dan kulit. Studi di tahun 2021 menyimpulkan, suplemen kolagen yang terhidrolisis selama 90 hari dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit.

2. Gunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid

Hyaluronic acid adalah senyawa yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Penelitian dari 2020 menyebut, hyaluronic acid membantu meningkatkan jumlah dan kualitas kolagen di kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Sebelum menggunakan produk dengan formula ini, kamu patut mengikuti petunjuk pemakaian untuk menghindari efek sampingnya, ya!3.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C juga untuk meningkatkan produksi kolagen. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kadar kolagen yang rendah hingga mengakibatkan kondisi yang berpotensi serius seperti penyakit kudis.

 4. Gunakan gel lidah buaya

Orang sering menggunakan gel lidah buaya untuk merawat kulit setelah terbakar sinar matahari atau meredakan ruam. Kamu dapat menggunakan produk yang mengandung lidah buaya sebagai krim, gel topikal, atau suplemen oral.

Baca Juga: Tren Kecantikan V-Shape Akan Ditinggal Dan Berganti Menjadi E-Shape, Berikut Penjelasan Dari Dokter Estetik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *